Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kuliner Wisata Nasi Sela Khas Karangasem


Liburankarangasem--Salah satu kuliner yang khas dari daerah Karangasem adalah Nasi Sela. Nasi sela adalah makan khas karangasem yang berisi campuran nasi putih dan cacahan unbi berukuran kecil-kecil. Pada Tahun 1979-an Nasi Sela sempat populer dan menjadi makanan pokok masyarakat setempat karena pada saat itu beras sangat langka di Bali, hal tersebut menyebabkan sela (ketela/ubi) menjadi alternatif bahan campuran nasi, gaplek atau bahan makan lain untuk menambah volume.
Nasi Sele
Nasi sela yang mulanya merupakan makanan “pertahanan di masa krisis””, menjadi hidangan yang begitu menggugah selera. Banyak wisatawan yang gemar makan nasi sela ini. Baik itu wisatawan yang asia maupun eropa. Bahkan Nasi sela memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari pada sekedar nasih putih biasa.
Nasi Sela Khas Karangasem
Nasi Sela merupakan makanan yang khas dari daerah Karangasem, namun anda juga dapat menemukan nasi sela di daerah lainnya di Bali. Keunikan nasi sela adalah rasanya yang khas dengan perpaduan nasi, sela (ketela/Ubi), yang dicampur dengan varian lainnya.

Adapun dewasa ini nasi sela telah mengalami variasi pengolahannya, dimana biasanya nasi sela di campur dengan jukut (sayur)bejek, ada grago (udang kecil-kecil), kacang tanah, jukut atau sayur bejek bumbu kalas (santan, daging, base gede) sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir.

Selain varian tersebut nasi sela juga dicampur dengan lauk ayam betutu, sela kulit ayam, pindang tongkol, urab sayur kacang panjang berisi timun dan kacang merah, pesan telengis, sambel matah, dan sambel teri. Tentu saja dengan campuran tersebut semakin menggugah selera makan anda.
Campuran Nasi Sela



Post a Comment

0 Comments