Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Palem Yuyu Kuliner Khas Bali

Palem Yuyu, masakan kuliner khas Bali, mempunyai citarasa pedas, sedap dan gurih. Keunikan dari masakan palem yuyu berbahan dasar berupa ranjungan atau kepiting laut, dibungkus daun bayem dan daun pisang.
Palem Yuyu (hobimask.info)
Dalam upacara keagamaan jenis olahan ini termasuk piranti ulam segara yang digunakan pada banten Catur dalam Upacara Dewa Yadnya. Untuk pengolahannya, tumbis bumbu yang sudah dihaluskan dari cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit kencur, gula merah, kemiri, garam dan terasi, lalu masukan daum salam sampai harum, angkat dan sisihkan bagian untuk disiramkan diatas masakan palem yuyu. Campur daging rajungan, kelapa parut, telur,  dan sebagian bumbu yang sudah di tumis tdi kemudian aduk rata dan bagi adonan menjadi 10 bagian, bungkus adonan tersebut masing-masing dengan daun bayam, kemudian bungkus dengan daun pisang, seperti masakan pepes.

lalu kukus palem yuyu ini sampai matang selama kurang lebih 1 jam angkat dan dinginkan, buka bungkusan pisangnya, kemudian sajikan masakan palem yuyu ini dengan siraman sisa bumbu tumisan tadi. Menu masakan palem yuy selain rasanya yang lezat juga memiliki kandungan gizi tinggi, terutama dari bahan dasarnya yaitu  rajungan atau kepitin. Rajungan atu kepiting ini sangat kaya akan protein hewani, vitamin A, Vitamin B1, kalsium, Zat besi, fosfor dan karbohidrat. Mengonsumsi palem yuyu dapat meningkatkan konsentrasi dan pembentukan sistem imun tubuh.

Post a Comment

0 Comments